Investasi Emas, Resiko Rendah Pas untuk Jangka Panjang

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sudah sejak lama dikenal masyarakat luas. Emas menjadi aset yang cukup likuid dalam memenuhi kebutuhan yang mendesak, karena emas telah diterima secara umum dan dapat diperjualbelikan pada banyak tempat, mulai dari toko di pasar sampai stand penjualan di mall dan plaza. Harga emas tidak terlalu berfluktuasi, namun memiliki kecenderungan meningkat dibanding tahun – tahun sebelumnya. Investasi emas memiliki resiko yang lebih rendah dibanding berinvestasi di pasar modal.

Secara tradisional berinvestasi dalam emas adalah dengan membeli perhiasan yang terbuat dari emas, baik berupa cincin, gelang dan sebagainya. Berinvestasi dalam perhiasan emas memiliki kelebihan seperti dapat dikenakan sehingga memiliki rasa kebanggaan tersendiri, serta dapat dipilih bentuk dan corak yang sesuai keinginan pemiliknya. Jadi selain berinvestasi juga dapat dijadikan koleksi. Namun perlu diperhatikan juga kekurangan berinvestasi dalam emas perhiasan diantaranya yaitu rentan terhadap kerusakan atau patah, oleh karena itu perhiasan yang dikenakan tetap harus dirawat dengan baik.

Cara lain berinvestasi dalam emas adalah dengan membeli emas murni atau yang biasa dikenal dengan emas logam mulia, emas jenis tersebut biasanya tersedia dalam bentuk batangan atau koin emas. Berinvestasi dalam emas yang berbentuk batangan atau koin bukan berarti membeli emas yang berat dan mahal sehingga memerlukan nilai investasi yang besar. Emas berbentuk batangan atau koin memiliki daya tahan lebih kuat dibanding perhiasan sehingga tidak mudah rusak atau patah. Harga untuk jenis emas murni tersebut mengacu pada harga pasar emas internasional, untuk referensi harga emas logam mulia dapat diperoleh di koran, internet, televisi dan sebagainya.

Apapun jenis investasi emas yang ingin anda miliki, apakah itu dalam bentuk emas perhiasan atau berbentuk logam mulia, yang terpenting adalah menggunakan uang yang tidak dipakai dalam waktu dekat, sehingga tidak mengganggu dana untuk pengeluaran rutin anda. Perlu diperhatikan bahwa berinvestasi pada emas sebaiknya dalam jangka panjang sehingga hasilnya lebih optimal.

 

Selamat berinvestasi,

Mulyono Putro, RFA
Financial Planner
Finansia Consulting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: